Transformasi digital telah mengubah secara mendasar cara bisnis menciptakan dan memberikan nilai kepada pelanggan mereka. Sebagian besar dari semua proyek TI saat ini difokuskan pada pengembangan layanan dan penawaran digital baru untuk menghasilkan pendapatan baru, dan ada lebih banyak fokus daripada sebelumnya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
Sementara itu, volume data yang dikelola bisnis terus meningkat dengan cepat. Pendorong yang signifikan adalah pertumbuhan eksponensial perangkat IOT – diperkirakan akan mencapai hampir enam miliar tahun ini, menurut firma riset Gartner.
Memanfaatkan secara efektif sejumlah besar informasi yang ditangkap tidak lagi melestarikan start-up berbasis data atau model bisnis baru yang radikal. Sekarang bisnis dari semua ukuran dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi, menjadi lebih kompetitif, dan menjangkau pasar baru dengan memanfaatkan potensi data yang sudah mereka miliki.
Nilai Data Semakin Meroket
Tren ini menunjukkan bahwa nilai data meroket. Secara historis, untuk bisnis apa pun, datanya yang paling berharga terdiri dari informasi yang paling baru dibuatnya: biasanya dokumen atau pembaruan terbaru yang diakses secara teratur oleh pengguna akhir melalui aplikasi bisnis penting. Seiring waktu, nilai informasi ini akan berkurang, hingga akhirnya diarsipkan dan tidak lagi digunakan untuk memberikan nilai langsung.
Saat ini, model “kerusakan-seiring-waktu” telah diputarbalikkan. Banyak data yang dihasilkan hari ini, misalnya dari sensor IOT yang mungkin mengirimkan apa pun dari gambar ke video, atau pembacaan suhu. Awalnya memiliki sedikit nilai yang melekat di luar misi pelacakan utama sensor.
Namun, saat aliran data individu ini digabungkan dengan data dari berbagai sumber, dari informasi Point of Sales hingga catatan medis, wawasan operasional baru akan terbuka. Bisnis dapat memanfaatkan wawasan ini untuk membuat model bisnis baru atau bahkan memonetisasinya secara langsung dengan menjual informasi unik kepada pelanggan – sehingga secara dramatis meningkatkan nilai data.
Karena data perusahaan terus berkembang, hanya sedikit bisnis yang mengambil langkah mundur untuk mempertimbangkan seberapa sering mereka menghapus beberapa datanya. Beberapa penghapusan mungkin didorong oleh pedoman hukum atau kepatuhan, tetapi faktanya bahwa pentingnya dan nilai data lama semakin meningkat.
Sebuah bisnis perlu sepenuhnya memahami tidak hanya pertumbuhan datanya tetapi juga file mana yang dihapusnya, untuk secara efektif melindungi arsip dan lingkungan penyimpanannya. Pada akhirnya, kemampuan untuk menyeimbangkan semua tingkatan penyimpanan dan tingkat layanan akan menentukan seberapa cepat dan hemat biaya bisnis akan dapat menanggapi permintaan data yang dihadapinya.
Evolusi Data Pada Bisnis
Evolusi data ini mengarahkan bisnis untuk mengevaluasi kembali lingkungan penyimpanan dan pengarsipan yang ada. Pemisahan tradisional antara data baru yang aktif dan informasi yang diarsipkan tidak lagi berfungsi dalam proses pembuatan, pemrosesan, analisis, dan berbagi data yang baru dan lebih berulang ini.
Meskipun sederhana dan efektif, aturan dasar 3-2-1 untuk melindungi penyimpanan data penting bisnis bisa jadi terlalu umum untuk beberapa operasi harian. Untuk memenuhi persyaratan dan SLA yang lebih tepat dari beberapa data, klasifikasi perunggu-perak-emas lebih efektif untuk menentukan jumlah salinan yang diperlukan dan berapa lama akan disimpan.
Pada saat yang sama, beberapa tantangan pengelolaan data tetap sama. Bisnis masih perlu memastikan bahwa data konsisten dan tersedia untuk aplikasi seperti analitik atau pengembangan perangkat lunak, sambil menjamin bahwa data itu dilindungi secara memadai, kuat, tangguh, dan sepenuhnya sesuai dengan peraturan pemerintah juga industri.
Aturan 3-2-1 melibatkan pembuatan tiga salinan data Anda, menyimpannya di setidaknya dua teknologi penyimpanan yang berbeda, dan menyimpan satu salinan di situs eksternal.
Membentuk Kembali Lingkungan Penyimpanan Menjadi Meja kerja Tambahan
Sudah waktunya bagi bisnis untuk memikirkan kembali infrastruktur perlindungan data mereka agar lebih sesuai dengan persyaratan saat ini. Sebaiknya ambil pendekatan yang lebih transparan dan jelas – berdasarkan persyaratan perlindungan data bisnis yang sebenarnya. Keseimbangan sebenarnya dari penyimpanan lambat, sedang, sangat cepat, dan hibrida akan bervariasi tergantung pada faktor-faktor ini – tetapi apa pun keseimbangan yang tepat.
Portofolio solusi perlindungan data Fujitsu membuatnya mudah untuk menyeimbangkan kecepatan, kapasitas dan biaya pencadangan dan pengarsipan, dan mewakili biaya kepemilikan yang rendah dibandingkan dengan solusi beberapa komponen tradisional.
Fujitsu juga menggunakan metodologi yang telah terbukti, didukung oleh filosofi kreasi bersama, keahlian integrasi sistem selama puluhan tahun, dan ekosistem mitra yang luas untuk memastikan bahwa setiap bisnis dapat berubah menjadi perusahaan berbasis data.
Lokakarya penemuan dengan setiap pelanggan benar-benar mengungkap data dasar mereka yang sebenarnya dan mengungkapkan semua tantangan dan tujuan data. Hal ini memungkinkan para ahli Fujitsu untuk merencanakan dan memberikan arsitektur data yang paling tepat yang terdiri dari kombinasi solusi mereka sendiri dan mitra yang paling efektif.