Kembali Lagi: Menciptakan Pengalaman Ritel yang Menarik dengan Perangkat ASUS yang Andal

Pandemi Covid-19 membawa pendekatan baru dalam berbelanja langsung, di mana interaksi manusia diminimalkan. Kios swalayan dan sistem penjadwalan janji temu adalah beberapa strategi yang digunakan oleh peritel untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Namun, inovasi-inovasi ini bukan sekadar untuk menghadapi pandemi. Faktanya, menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih mulus dan terkoneksi kini menjadi kunci keberhasilan dalam industri ritel. Seiring dunia mulai pulih dan toko fisik kembali diminati, perusahaan harus siap memenuhi ekspektasi pelanggan yang baru — mulai dari pengalaman digital yang lebih baik hingga layanan yang lebih personal.

Terutama bagi peritel kecil dan menengah, proyek transformasi digital besar mungkin terasa di luar jangkauan. Namun, penyesuaian kecil dengan alat digital yang andal mungkin sudah cukup untuk mengubah pengalaman di toko dan mempersiapkan bisnis menghadapi masa depan. Dari perangkat yang tepat hingga Internet of Things (IoT), berikut beberapa cara teknologi dapat meningkatkan bisnis ritel Anda.

Ciptakan Pengalaman Toko yang Tak Terlupakan

Selama pandemi, ketika masyarakat lebih banyak berdiam di rumah dan beralih ke belanja online, banyak peritel terdorong mengembangkan strategi e-commerce. Namun, survei dari Salesforce menemukan bahwa 82% penjualan tetap terjadi di toko fisik, bahkan pada puncak pandemi di tahun 2020. Meski e-commerce memberi kemudahan, pelanggan tetap memilih toko fisik untuk melihat, menyentuh, dan membeli barang secara langsung.

Titik sentuh digital yang cermat di toko fisik bisa menjadi faktor penentu apakah pelanggan akan masuk — dan bertahan — di toko Anda. Peritel bisa menarik perhatian dengan video merek atau iklan menarik di etalase, atau meningkatkan keterlibatan lewat demo interaktif.

PC All-in-One seperti ASUS ExpertCenter E5 AiO memiliki kinerja dan fleksibilitas untuk digunakan seharian di toko, termasuk layar sentuh kedua yang menghadap keluar untuk memungkinkan interaksi antara staf penjualan dan pelanggan dalam demo digital.

Tingkatkan Layanan yang Lebih Personal

Dua pertiga responden survei Salesforce menyatakan bahwa mereka mengharapkan perusahaan memahami kebutuhan dan harapan unik mereka, serta menyesuaikan penawaran berdasarkan hal tersebut. Peritel sebenarnya memiliki banyak data pelanggan — yang dibutuhkan hanyalah memberikan akses data itu ke staf layanan.

Staf toko dan kasir harus bisa membantu pelanggan mencari produk khusus, menemukan pengganti, atau merekomendasikan barang berdasarkan riwayat pembelian. Untuk itu, mereka memerlukan perangkat tahan lama yang memungkinkan akses data pelanggan dari mana saja di toko.

ASUS ExpertCenter E1 AiO dapat ditempatkan dengan rapi di meja kasir atau digantung di dinding, memberikan akses cepat dan mudah di seluruh area toko.

Peritel juga bisa membawa personalisasi ke tingkat selanjutnya dengan beralih ke cloud. Menurut wawancara oleh McKinsey, personalisasi pelanggan berkorelasi langsung dengan peningkatan pendapatan dan konversi. Namun tantangan utamanya adalah rekonsiliasi data pelanggan untuk mendapatkan gambaran 360 derajat. Platform pembersih data berbasis cloud dan sistem rekomendasi akan membantu mewujudkan personalisasi hiper dalam ritel.

Kendalikan Inventaris Secara Efisien

Peritel selalu berusaha menyeimbangkan antara stok yang cukup untuk memenuhi permintaan dan menghindari kelebihan stok yang menggerus margin keuntungan. Dalam masa-masa penuh gangguan seperti pandemi, mengelola inventaris dengan baik bisa menjadi kekuatan penyeimbang yang sangat penting.

Minimalnya, peritel perlu memantau jumlah stok secara konsisten dan akurat. Namun laporan State of Small Business menemukan bahwa 46% perusahaan tidak memiliki sistem manajemen inventaris yang kuat, dan masih mengandalkan sistem manual atau bahkan tidak memantau sama sekali.

Tapi menghitung stok tidak harus rumit. Perusahaan bisa mulai dengan perangkat ringan dan tahan lama seperti ASUS ExpertBook B3 Detachable. Perangkat ini memungkinkan staf bergerak dari meja ke gudang hanya dengan melepas keyboard, dan dilengkapi stylus pengisian cepat untuk mencatat dan memeriksa dokumen dengan akurat.

Selanjutnya, peritel bisa menggabungkan perangkat ini dengan teknologi IoT dan otomasi untuk mengelola stok dan rak lebih efektif. IoT memungkinkan perangkat, sensor, dan software saling terhubung dalam satu jaringan — sehingga peritel bisa:

  • Memperbarui harga ribuan produk di berbagai lokasi hanya dengan beberapa klik.
  • Memantau kecepatan pergerakan stok.
  • Dengan analitik cerdas dan AI, peritel bisa secara otomatis mengetahui kapan harus mengisi ulang stok.

Cara ini jauh lebih efisien daripada memeriksa data secara manual untuk menemukan barang yang hampir habis.

Perangkat, IoT, dan otomatisasi bisa bekerja bersama untuk mengoptimalkan operasional, sehingga peritel bisa fokus pada proses yang lebih penting.

Penyesuaian Pintar untuk Bisnis Ritel yang Lebih Digital

Semakin hari, ritel yang berorientasi pelanggan menuntut pendekatan yang gesit dan fleksibel. Perangkat ASUS dirancang untuk digunakan di mana saja — mulai dari toko fisik hingga gudang — dengan performa kuat dalam desain yang ringan dan tahan lama.

Ketika dipadukan dengan solusi digital, investasi yang hemat biaya ini memungkinkan peritel dari segala ukuran memulai perjalanan transformasi digital mereka dan bersaing dalam industri yang cepat berubah.

Infrastruktur IT yang kuat adalah kunci produktivitas perusahaan. Dengan qserver indonesia, Anda bisa mendapatkan solusi IT lengkap yang sesuai dengan kebutuhan Anda. iLogo Indonesia sebagai mitra terpercaya siap mengintegrasikan semuanya agar bisnis Anda tetap berjalan lancar dan aman.
Hubungi kami sekarang atau kunjungi qserver.id untuk informasi lebih lanjut!